Selasa, 14 Februari 2012

TUGAS BASISDATA

TUGAS 1

  1. Apa itu basisdata? Apa perbedaannya dengan DBMS?
  2. Ceritakan bagaimana perkembangan basis data hingga sekarang ini?
  3. Apa keuntungan menggunakan basisdata yang terkomputerisasi?
  4. Siapa saja pelaku yang terlibat dalam lingkungan basisdata?

Jawaban


  1. Basisdata adalah sekumpulan data yang saling berhubungan yang disusun secara sistematis dalam urutan dan diberi kode tertentu. Sedangkan DBMS adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk memanajemen dan memanipulasi data dalam database.
  2. Awal tahun 1970 sampai awal tahun 1980 manajemen file tradisional/kertas berubah menjadi manejemen basis data. Dari sanalah awal mula perkembangan komputer yang juga diikuti oleh perkembangan perangkat lunak untuk aplikasi bisnis dan DBMS. Pada akhir tahun 1980 dan permulaan 1990, banyak bidang sistem basis data yang dikembangkan. Penelitian pada bidang basis data meliputi bahasa query yang powerful, model data yang lengkap, dan penekanan pada dukungan analisis data yang kompleks dari semua bagian organisasi. Beberapa vendor memperluas sistemnya dengan kemampuan penyimpanan tipe data baru semisal image dan text, dan kemampuan query yang kompleks.
  3. Dapat menyimpan data atau melakukan perubahan ( manipulasi ) dan menampilkan kembali data tersebut dengan cepat dan mudah, efisien ruang penyimpanan, keamanan yang terjamin, dapat digunakan bersama-sama.
  4. Pengguna database dapat dikategorikan pada 3 jenis:
  • System Engineer
Tenaga ahli yang bertanggung jawab atas pemasangan Sistem Basis Data, dan juga mengadakan peningkatan dan melaporkan kesalahan dari sistem tersebut kepada pihak penjual

  • Database Administrator
Tenaga ahli yang mempunyai tugas untuk mengontrol sistem basis data secara keseluruhan, meramalkan kebutuhan akan sistem basis data, merencanakannya dan mengaturnya.

  • Pemakai Akhir
Programmer aplikasi (Pemakai yang berinteraksi dengan basis data melalui Data Manipulation Language (DML)), Pemakai Mahir (Pemakai yang berinteraksi dengan sistem tanpa menulis modul program.), Pemakai umum (Pemakai yang berinteraksi dengan sistem basis data melalui pemanggilan satu program aplikasi permanen (executable program) yang telah ditulis (disediakan) sebelumnya), Pemakai khusus (Pemakai yang menulis aplikasi basis data non konvensional, tetapi untuk keperluan-keperluan khusus seperti aplikasi AI, Sistem Pakar, Pengolahan Citra, dll, yang bisa saja mengakses basis data dengan atau tanpa DBMS yang bersangkutan.).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label