Kamis, 30 Juni 2011

Tutorial Pembuatan Logo Facebook di Coreldraw

Siapa yang tidak mengenal Facebook? Situs yang diciptakan oleh mahasiswa Harvard bernama Mark Zuckerberg ini, memang sangat fenomenal! Dalam waktu yang relatif singkat, situs jejaring sosial ini telah memikat hati jutaan orang penggunanya. Bahkan mengungguli popularitas situs sejenis yang merupakan pendahulunya, Friendster. Keunikan, kemudahan dan banyaknya fitur (fasilitas) yang ditawarkan, barangkali menjadi penyebab mengapa Facebook begitu diminati. Selain itu, logonya yang sederhana dan menarik menjadi magnet yang akan selalu mengingatkan orang akan situs ini. Trik berikut ini, akan coba menjelaskan langkah-langkah pembuatan logo Facebook menggunakan CorelDRAW X4.
  1. Pertamakali tekan Ctrl+N untuk membuat kanvas kerja baru.
  2. Pilih Rectangle Tool atau tekan F6.
  3. Sambil menekan Ctrl, tekan dan geser Rectangle Tool untuk membuat kotak segiempat sama sisi (kubus).
  4. Pastikan kubus dalam keadaan terpilih. Pada Property Bar, rubah ukuran lebar menjadi 5 CM dan tinggi 5 CM. Setelah selesai tekan P untuk menempatkan kubus tepat di tengah kanvas kerja.
  5. Tekan F4 untuk memperbesar tampilan kubus.
  6. Pilih Shape Tool atau tekan F10. Kemudian tarik node yang ada di sudut kiri atas ke arah dalam untuk membuat sudut-sudut kubus melengkung.
  7. Tekan F11 untuk memunculkan kotak dialog Fountain Fill. Kemudian atur beberapa spesifikasi seperti contoh di bawah ini. Setelah selesai tekan OK.

  8. Pilih Pick Tool kemudian klik di sembarang tempat untuk melepaskan pilihan pada objek kubus.

  9. Pilih kembali Rectangle Tool atau tekan F6. Buat sebuah kotak persegi panjang dan tempatkan di posisi atas kubus.

  10. Sama seperti pada objek kubus, lengkungkan sudut-sudut kotak persegi panjang tersebut menggunakan Shape Tool.
  11. Tekan F11. Pada kotak dialog Fountain Fill atur beberapa spesifikasi seperti contoh di bawah ini. Setelah selesai tekan OK.

  12. Tekan Outline kemudian pilih None untuk menghilangkan garis outline.
  13. Pilih Transparency.
  14. Pada Property Bar, pilih type: Linear dan angle: -90.

  15. Pilih Text Tool atau tekan F8. Tulis huruf "f" menggunakan font: Arial Bold, ukuran: 150 pt dan warna: putih. Geser dan tempatkan huruf dengan "f" seperti contoh di bawah ini.



Begitulah cara membuat logo Facebook di coreldraw. Walaupun disini saya menggunakan coreldraw X4 tapi secara umum langkah2 ini bisa di gunakan di coreldraw versi lainnya.

Terima kasih telah berkunjung ke Blog saya.

10 komentar:

Label